Rabu, 24 September 2014

Informasi Tentang Penyakit Asma Pada anak

Etik Iskundarti

    Akhir – akhir ini, kondisi lingkungan di sekitar kita sedang tidak menentu. Angin kencang dan cuaca panas seolah menjadi bagian dari aktivitas sehari – hari. Banyak penyakit yang mengancam kesehatan anak, salah satunya adalah asma. Ya, asma merupakan penyakit yang tidak bisa diobati, namun bisa di antisipasi. Hal ini dengan syarat para orang tua paham bagaimana pencegahan dan pengobatan pada penyakit asma. Oleh karena itu, pengetahuan tentang penyakit ini mutlak harus dimiliki oleh setiap orang tua. Bagaimana para Ibu? Sudahkan kalian memikirkan hal ini? Langsung aja yuk, kita intip ulasan seputar Asma.




penyakit asma pada anak
penyakit asma pada anak

    Asma merupakan kondisi dimana saluran pernafasan kecil mengalami penyempitan. Hal ini akan mengganggu aktivitas anak yang merupakan proses pembelajaran mereka dalam segala hal. Salah satu ciri anak terkena Asma adalah batuk. Memang, pada dasarnya setiap penyakit batuk tidak selalu berakhir dengan Asma. Namun dapat dipastikan bahwa setiap penyakit Asma selalu diawali dari batuk. Inilah yang kadang – kadang tidak diperhatikan orang tua. Mereka menganggap bahwa batuk merupakan penyakit lumrah. Padahal, jika kita telisik lebih dalam penyakit Asma ini dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius seperti rasa panas di dalam perut, hidung basah dan sesak yang kronis, serta peradangan sinus (sinusitis). Gejala lain yang harus diketahui orang tua adalah sebagai berikut:
  • Suara sengau atau siulan saat bernafas
  • Nafas pendek
  • Batuk sesak nafas pada malam hari atau pada musim tertentu. Biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa diberi obat
  • Anak merasakan sakit pada dada.
    Oke, setelah kita tahu gejala pada penyakit Asma, selanjutnya adalah cara pencegahan dan pengobatan pada penyakit Asma. Pencegahan merupakan elemen vital yang harus dilakukan oleh orang tua. Pertama, kita harus mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan penyakit ini, contohnya terkena asap tembakau, punya riwayat alergi, pemukiman besar dengan tingkat polusi tinggi, faktor keturunan, serta berat badan yang berlebih (obesitas). Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit Asma antara lain:
  • Hindari faktor pemicu seperti disebutkan di atas
  • Pancing anak agar lebih aktif
  • Jauhkan dari asap rokok
  • Hindarkan dari binatang yang bisa menyebabkan alergi
  • Peliharalah lingkungan sekitar tempat tinggal Anda
  • Lakukan olahraga ringan berskala rutin
  • Periksakan kondisi kesehatan anak pada dokter kepercayaan Anda
Pada penyakit Asma yang terlanjur parah, maka pengobatan yang paling efektif adalah dengan memeriksakan anak Anda ke Rumah Sakit. Tentunya melalui  media obat dengan harga yang cukup mahal. Namun, untuk penyakit Asma yang masih dalam kategori ringan, ramuan herbal di bawah ini patut anda coba.

  1. Rebuslah 30 gram akar tanaman putri malu ke dalam 400 cc air mendidih. Setelah volume airnya berkurang menjadi 200 cc, tunggulah hingga air menjadi hangat kemudian minumkan pada anak.
  2. Ambil 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Campurlah dengan sattu sendok madu dan sedikit gula batu. Rebus semua bahan hingga tercium aroma herbal. Setelah diperas dan disaring, berikan pada anak yang mengalami gejala Asma.
  3. Petiklah 15 gram bunga melati. Masukkan ke dalam 400 cc air mendidih dan rebus hingga tersisa 200 cc. Minumkan pada anak selagi masih hangat.
Demikan cara pengobatan alami terhadap penyakit Asma. Selain murah, pada pengobatan herbal tidak ada efek samping seperti yang dihasilkan oleh residu obat – obatan kimiawi. So, untuk Anda para orang tua, jadilah best parents dengan pengetahuan yang Anda punya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge