Senin, 29 September 2014

Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Etik Iskundarti



Mengatasi penyakit kuning pada buah hati yang baru lahir

Jaudince atau yang akrab di telinga kita penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan karena fungsi hati yang kurang sempurna sebagai penghancur sel darah merah, sehingga terjadilah pembentukan bilirubin. Bilirubin adalah pemecahan sel-sel darah merah yang telah tua dan berubah menjadi pigmen yang berwarna kuning. Hal ini yang menyebabkan warna kulit serta warna putih mata penderita menjadi kuning. Pada kasus ini tingkat kadar bilirubin pada bayi lebih tinggi apa bila bayi lahir secara premature bias juga stress karena proses kelahiran yang sulit. Penyakit ini biasanya menyerang usia buah hati dari awal kelahiran hingga berusia satu bulan.

penyakit kuning bayi


Pada bayi yang keadaan normal, nilai bilirubin adalah kurang dari 10 ml/liter, sedang pada penderita penyakit kuning kadar bilirubin bisa 15 ml/liter sampai 25 ml/liter. Tingginya bilirubin ini dipicu oleh hal-hal sebagai berikut :

  • Fungsi hati buah hati yang baru lahir belum 100% normal. 
  • Perbedaan golongan darah antara ibu dan buah hati. 
  • Pada saat mengandung, kemungkinan besar ibu hamil sering mengkonsumsi jamu tradisional.


Beberapa orang di daerah percaya bahwa penyakit kuning bisa diatasi hanya dengan menjemur bayi di bawah terik matahari pagi, hal tersebut tidak buruk namun lebih baik bila langsung di tangani oleh orang yang lebih ahli dibidangnya mengingat organ dan sel dalam tubuh bayi masih terlalu rentan. Biasanya penyakit kuning pada bayi berlangsung selama 2 minggu, bila lebih itu sebaiknya anda lebih waspada.

Ababila buah hati terkena sakit kuning maka anda tidak perlu panik, inilah yang harus anda lakukan untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi :
  1. Untuk pertolongan pertama Berikanlah ASI sesering mungkin atau dua jam sekali hal ini berfungsi untuk mengganti cairan dalam tubuh bayi, asi yang mengandung colestrum mampu memindahkan meconium yang mengandung bilirubin.
  2. Sesegera mungkin bawa buah hati anda ke rumah sakit atau dokter spesialis anak, disitu bayi akan di lihat tingakat bilirubin dalam tubuh, apabila kadar bilirubin tinggi maka tidak menutup kemungkinan dokter menyarankan fototerapi (lampu bilirubin) dalam kasus ini bayi kana lebih membutuhkan asupan cairan asi, maka sediakanlah peralatan pemompa air susu. Bila hal tersebut kurang membawa hasil yang maksimal biasanya tenaga medis akan menganjurkan terapi exchange transfusion. Melalui terapi exchange transfusion darah pada buah hati akan digantikan dengan darah tranfusi dengan kadar dan golongan yang sama.

Penyakit kuning pada bayi sebenarnya merupakan penyakit yang wajar namun bukan berarti kita bisa menganggap remeh hal tersebut. Deteksi dini sangat diperlukan dalam hal ini, semakin cepat penanganan medis maka akan semakin besar dan semakin cepat pula tingkat kesembuhannya. semoga artikel tentang penyakit kuning pada bayi ini bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge