Kamis, 09 Oktober 2014

Cara alami atasi kolesterol


 

Kolesterol tinggi merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Dua penyakit paling mematikan di dunia. Kolesterol merupakan lemak yang dihasilkan oleh organ hati, fungsinya pun cukup penting bagi tubuh. Selain berfungsi sebagai penyaring molekul yang keluar masuk ke dalam sel, kolesterol juga berperan dalam membangun serta memelihara sel membran, terlibat dalam produksi hormon seks dan pembuatan empedu. Namun, jika hati Anda memproduksi kolesterol yang terlalu berlebih, Anda patut waspada karenanya. Pasalnya, tingkat kolesterol yang terlalu tinggi akan mengakibatkan penumpukan lemak pada pembuluh darah. Jika kondisi ini terus berlangsung dalam kurun waktu yang lama, maka Anda akan beresiko untuk terserang penyakit Jantung dan Stroke. Hal ini dikarenakan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah menggumpal sehingga menghalangi pasokan darah yang akan menuju Jantung dan Otak. Selain itu, peradaran darah ke suluruh tubuh pun akan terganggu. Akibatnya, penderita akan mengalami gejala pegal pada daerah tengkuk, pundak, tangan, dan kaki. Kepala akan terasa pusing, sementara kaki dan tangan akan terasa kesemutan.

cara alami atasi kolesterol

Cara alami atasi kolesterol


Beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya kolesterol antara lain usia, keturunan, obesitas, kurang berolahraga, konsumsi rokok, stress, diet yang salah, diabetes mellitus, serta makanan yang tidak sehat atau memiliki kadar lemak yang begitu tinggi. Daging asap, daging maupun iga sapi, burung dara, dan ikan bawal masuk kategori makanan yang boleh dimakan, namun dalam frekuensi tertentu. Sementara itu, Anda harus berhati – hati jika menemukan makanan seperti belut, udang, keju, kerang, siput, santan, dan jeroan. Semuanya merupakan makanan yang masuk kategori berbahaya. Untuk kategori pantang dikonsumsi, sebaiknya Anda menjauhi cumi – cumi, kuning telur, otak sapi, dan telur puyuh. Rata – rata kandungan kolesterolnya mencapai 2000 mg/10gr, yang  artinya sangat tinggi.


Berat badan merupakan salah satu faktor yang cukup mempengaruhi kolesterol, Anda bisa menentukan berat badan ideal seperti yang dicontohkan BMI (Body Mass Index) dengan rumus berat badan dalam ukuran kilogram dibagi kuadrat dari tinggi Anda yang ditentukan dalam satuan meter. Angka 20 – 25 menunjukkan bahwa berat badan Anda cukup ideal. Namun jika angkanya berada di atas ataupun di bawah indeks tersebut, itu artinya Anda mengalami kegemukan ataupun sebaliknya. Cara terbaik untuk mengetahui kadar kolesterol Anda adalah dengan melakukan tes darah. Jika kolesterol Anda berada pada angka di atas 240 mg/dl, itu artinya Anda harus merubah pola hidup. Sebab tubuh yang nampak sehat secara fisik belum memberi jaminan bahwa ia aman dari kolesterol.
Oleh karena itu, lakukan beberapa tips cara alami atasi kolesterol berikut untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tentunya tanpa meninggalkan residu seperti obat medis.
  1. Konsumsi Makanan Sehat
a.       Buncis, Wortel, Gandum
Daftar makanan tersebut kaya akan serat sehingga memudahkan sistem pencernaan serta mengendalikan lemak yang ada di dalam tubuh.
b.      Minyak Zaitun
Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun membuatnya mampu mengendalikan kadar kolesterol.
c.        Kedelai
Semua jenis olahan kedelai seperti tempe, tahu, maupun tepung merupakan makanan yang kaya akan serat. Zat isoflavon yang terkandung di dalamnya akan menekan kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein). Namun ingat, memasaknya dengan cara digoreng atau dicampur dengan santan akan mengurangi khasiat kedelai.
d.      Alpukat
Secara medis, alpukat berguna untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Namun Anda harus mengimbanginya dengan sayur – sayuran untuk menekan kalori yang ada pada alpukat.
e.      Penuhi Minyak Tak Jenuh
Anda bisa menjumpainya pada ikan laut, minyak sayur, dan zaitun. Yang perlu Anda perhatikan adalah cara memasaknya, jangan dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi karena dapat menghilangkan fungsinya sebagai penambah kolesterol baik atau HDL.
  1. Mengubah Kebiasaan  Memasak
Hindarilah cara memasak dengan menggoreng, usahakan setiap makanan yang Anda sajikan dengan menggunakan teknik mengukus, merebus, dan membakar (tanpa minyak goreng dan mentega tentunya).
  1. Olahraga secara teratur.
Tidak perlu pergi ke fitness setiap hari, cukup lakukan lari kecil selama 15 – 20 menit setiap bagi untuk menjaga kebugaran tubuh serta meningkatkan kolesterol baik. dan begitulah cara mengatasi kolestrol secara alami

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge