Jumat, 10 Oktober 2014

Cara menjaga daya ingatan

Etik Iskundarti



                Otak merupakan pusat dari seluruh aktivitas manusia. Organ ini berfungsi untuk mengendalikan setiap hal yang akan kita lakukan. Ketika ada bagian dari otak yang mengalami kerusakan maka dapat dipastikan beberapa fungsi otak akan mengalami penurunan, salah satunya adalah kemampuan daya ingat. Usia biasanya menjadi faktor paling dominan, tapi jangan salah, dewasa ini sangat banyak anak muda yang memiliki daya ingat rendah. Hal ini tidak lepas dari menjamurnya makanan berbahan kimia, jarang berolahraga, hingga kebiasaan bermalas – malasan. Untuk itu, gunakan beberapa tips berikut untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat Anda.

mejaga daya ingat

Cara menjaga daya ingatan

1.       Istirahat yang cukup

Pastikan kebutuhan tidur Anda tercukupi setiap harinya. Dengan tidur yang berkualitas, otak akan merekam kembali aktivitas yang dilakukan sebelum tidur, contohnya belajar ataupun mempersiapkan bahan presentasi.

2.       Olahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka badan akan selalu fit. Peredaran darah menjadi lancar sehingga plak yang menyumbat pembuluh darah dapat dibersihkan. Adanya peredaran darah yang lancar mengindikasikan otak kita tidak akan kekurangan nutrisi dan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk regenerasi sel otak.


3.       Mengisi teka – teki silang

Melatih otak untuk berfikir akan membuat daya ingat kita semakin meningkat. Selain berfungsi sebagai pengisi waktu luang, mengisi teka – teki silang juga mampu mengoptimalkan kinerja otak.


4.       Kontrol emosi

kontrol emosiTingkat emosi yang tinggi akan memberikan pengaruh buruk bagi otak. Ketika sesorang sedang menghadapi banyak permasalahan dan tidak mampu mengendalikan emosinya, maka stress tidak akan terhindarkan. Kondisi ini akan membuat seseorang tidak mampu untuk berfikir jernih dan justru menurunkan daya ingat.



5.       Biasakan Berfikir

Banyak cara yang bisa dilakukan seperti menghafal, belajar alat musik, belajar bahasa asing, melakukan hobi, membaca, mencari informasi terbaru, dan membaca novel. Dengan mengasah otak secara rutin maka kemampuan otak akan semakin tajam. Hal ini dikarenakan banyak sel syaraf yang tersambung. Selain itu, otak yang aktif akan memudahkan syaraf dalam menyampaikan pesan sehingga informasi dapat diterima dengan mudah. So, berapapun usia Anda tidak akan mempengaruhi kualitas otak selama Anda mampu menjaganya untuk selalu aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge