Rabu, 01 Oktober 2014

Gejala Penyakit Stroke Dan Pencegahannya

    Gejala Penyakit Stroke serta Pencegahanya - Penyakit Stroke merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Di beberapa negara industri di Eropa, Stroke menduduki peringkat ketiga sebagai penyebab kematian. Yang lebih mengejutkan, menurut Yastroki, Stroke kini berada di peringkat kedua, menjadi ‘saingan’ penyakit jantung yang hingga kini masih bertengger di posisi pertama. Apapun itu, Stroke tetaplah penyakit yang menjadi momok bagi setiap orang. Khususnya yang kini telah berusia lanjut, meskipun faktanya banyak pula anak muda yang terserang penyakit ini. Di Indonesia, pada tahun 2012 tercatat 500.000 orang positif terkena penyakit Stroke, dengan angka kematian mencapai 12.500 jiwa. Secara istilah, Stroke merupakan kondisi dimana pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami penyumbatan, atau bahkan terputusnya arteri. Akibatnya, sel – sel yang berada di dalam otak mati dikarenakan suplai oksigen yang disalurkan melalui darah terhenti. Saat itu pula penderita Stroke tidak akan  mampu untuk berbicara, kehilangan memori, sebagian anggota tubuh mengalami kelumpuhan, atau bahkan kematian.


                Rokok, narkoba, minuman alkohol, makanan cepat saji (junk food), kurangnya olahraga, dan sering marah – marah merupakan bagian dari aktivitas penderita Stroke ketika masih sehat. Hal ini sering disebut sebagai faktor resiko perilaku dan kebiasaan. Sementara itu, medis menyebutkan beberapa faktor yang bisa mengakibatkan Stroke yakni, tekanan darah tinggi (hipertensi), mengerasnya pembuluh darah, terjadi gangguan jantung, kolesterol tinggi, obesitas, faktor keturunan, dan diabetes. Dari sekian banyak penyebab, tekanan darah tinggi (hipertensi) selalu menjadi faktor paling dominan dalam menyerang ‘mangsanya’. Secara umum, penderita Stroke akan mengalami gejala berikut:

penderita stroke

  1. Pada bagian tubuh tertentu akan mengalami mati rasa 
  2. Mulut terasa sulit untuk mengucapkan kata – kata 
  3. Daya tangkap terhadap informasi yang diterima menjadi lemah 
  4. Terjadi gangguan pada salah satu atau kedua mata, umumnya akan terasa kabur 
  5. Tidak mampu berjalan dengan tegap, penderita seolah hilang keseimbangan 
  6. Kepala terasa sakit tanpa sebab yang jelas 
  7. Hilangnya kesadaran (pingsan)
Penyakit Stroke merupakan penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, kalaupun penderita selamat dari kematian, kebanyakan dari mereka akan mengalami penurunan dan bahkan kehilangan daya ingat, sukar berbicara, serta mengalami kelumpuhan. Biasanya, anggota tubuh bagian kiri lah yang tidak bisa untuk digerakkan. Mengerikan bukan? Sebagai upaya pencegahan, tips dibawah ini wajib Anda lakukan jika ingin terhindar dari penyakit Stroke.

Pencegahan Stroke : Berhentilah Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol


     Bukan hanya Stroke, rokok juga bisa memicu terjadinya impotensi, kanker, gangguan kehamilan, dan gangguan pernafasan. Menghentikan kebiasaan merokok artinya mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah. Tidak berbeda jauh dengan rokok, alkohol juga mempunyai sifat merusak. Selain itu, alkohol juga berperan dalam memicu tekanan darah tinggi.


  1. Kendalikan Emosi
    Hipertensi merupakan faktor utama terjadinya Stroke, penyebabnya tidak lain karena kondisi mental yang tidak stabil. Buatlah diri Anda senyaman mungkin, hindari stres, dan jangan terlalu sering marah – marah.

     
  2. Makan makanan sehat
    Penuhi kebutuhan serat dalam tubuh Anda dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Lemak yang bersifat mengeraskan pembuluh darah bisa dikendalikan dengan makanan berserat tinggi.

     
  3. Hindari garam
    Secara medis, garam terbukti meningkatkan tekanan darah (hipertensi).

     
  4. Olahraga secara teratur
    Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka peredaran darah Anda akan lancar. Selain itu, berolah raga juga terbukti mengurangi stres. Aktivitas ini juga berfungsi sebagai pembakar lemak dan bahkan sebagai penurun berat badan.

     
  5. Update dalam informasi terbaru
    Informasi merupakan bagian penting sebagai upaya pencegahan, sehingga Anda harus mengupdate info terbaru setiap harinya. Seperti yang Anda lakukan saat ini. Hehe. Terlebih, tidak semua obat Stroke aman untuk digunakan,  dan hal itu hanya bisa Anda ketahui jika Anda terus menggali informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge