Selasa, 07 Oktober 2014

Informasi Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya


 

            Dewasa ini, dengan kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang pesat, pengetahuan masyarakat akan penyakit sinusitis tergolong rendah. Masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa penyakit ini hanyalah flu biasa yang bisa kambuh setiap saat. Pada dasarnya, peradangan yang terjadi pada tulang sinus merupakan penyebab utama terjadinya penyakit sinusitis. Tulang ini terletak di wajah bagian depan, tepatnya di sekitar kiri dan kanan hidung. Sinus sendiri merupakan bagian sistem pernafasan yang di dalamnya terdapat udara. Namun jika sinus tersumbat kemudian terisi cairan, maka kuman dan bakteri akan berkembang biak sehingga menimbulkan infeksi. Inilah yang nantinya akan menjadi bibit penyakit sinusitis.

gejala penyakit sinusitis

Tidak sedikit dari masyarakat kita yang baru memeriksakan kondisi kesehatannya ketika penyakitnya terlanjur parah. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab serta gejala penyakit sinusitis. Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya penyakit ini. Beberapa faktor tersebut antara lain:
·         Tidak berfungsinya bulu – bulu halus yang terdapat pada rongga sinus.
·         Alergi terhadap makanan tertentu
·         Menghirup asap rokok
·         Masuknya bahan – bahan kimia melalui hidung seperti pewangi dan obat nyamuk. Bagi orang yang alergi maka hal ini dapat menjadi sumber virus di rongga hidung.
·         Terjadinya kelainan pada tulang hidung, polip dan sekat rongga hidung bisa menutupi rongga hidung.
·         Tertutupnya rongga sinus dikarenakan produksi lendir yang berlebihan.
Jika kita sudah mengetahui penyebab dari penyakit ini, maka kita pun harus mengetahui gejala dan langkah – langkah yang harus diambil setelahnya. Berikut merupakan gejala yang seringkali dirasakan oleh para penderita sinusitis:
-          Kepala terasa sakit ketika baru bangun tidur
-          Batuk yang tidak kunjung reda, bahkan cenderung memburuk seiring berjalannya waktu
-          Badan terasa kelelahan
-          Hidung tersumbat akibat produksi lendir yang berlebihan
-          Flu yang berkepanjangan
-          Pada area pipi, dahi, dan sekitar mata terasa nyeri
Nah, setelah membaca uraian di atas, apabila Anda menemukan gejala – gejala penyakit sinusitis pada keluarga ataupun kerabat terdekat, maka tidak ada salahnya untuk memberikan saran berikut sebagai upaya penyembuhan.


Cara Pengobatanya


  1. Diet
Diet disini berbeda dengan diet pada umumnya yang cenderung menyiksa si pelaku. Disini penderita hanya disarankan untuk banyak mengkonsumsi biji – bijian, sayuran, kacang – kacangan. Dan tidak dianjurkan mengkonsumsi telur, coklat, gorengan, serta makanan yang berasal dari tepung. Dengan menerapkan diet ini maka produksi lendir Anda akan berkurang.
  1. Menu Sehat
Buatlah sup berbahan bawang merah, bawang putih, cabe rawit serta lobak (akan lebih baik jika menggunakan lobak jepang). Sup ini bermanfaat untuk menghilangkan lendir yang berlebih.
  1. Sari Apel kombinasi Cuka
Siapkan sari apel secukupnya. Tambahkan 1 – 2 sendok Cuka mentah dan 6 ons air. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu agar rasanya lebih manis. Minum 3 kali sehari dalam kurun waktu 5 hari. Tips ini berfungsi untuk mengencerkan lendir yang padat sehingga mudah untuk dikeluarkan.
  1. Minuman hangat berkhasiat
Sediakan 3 batang serai, seruas jahe merah, 7 butir cengkeh, dan 7 kapulogo yang sudah dimemarkan. Campurkan semua bahan, rebuslah dalam air mendidih.  Jika sudah mulai dingin, ambil airnya dan campurkan madu agar terasa lebih nikmat.
Demikian artikel tentang penyakit Sinusitis. Kesimpulannya, Sinusitis bukanlah penyakit yang mematikan. Namun jika Anda tidak mengetahui seluk – beluknya, maka hal ini bisa menjadi penyakit ‘langganan’ Anda, menyusahkan bukan? Ingat, tidak ada langkah yang lebih baik sebuah pencegahan. Jadi, upgrade terus pengetahuanmu ya Guys!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge