Kamis, 30 Oktober 2014

Manfaat daun Alpukat untuk kesehatan

Etik Iskundarti


Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan - Alpukat (Persea americana) merupakan tanaman yang berasal dari negara Meksiko. Tanaman perkebunan monokultur ini kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Pada dasarnya, Alpukat banyak tumbuh di negara beriklim tropis di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Tanaman ini diperkirakan mulai masuk ke Indonesia pada abad ke 18. Namanya di tiap daerah pun berbeda – beda, ada yang menyebut apokat, alpuket, hingga jambu wolanda.


manfaat-daun-alpukatPohonnya bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter. Tanaman yang masuk dalam famili Lauraceae ini memiki daun dengan panjang 10 cm – 25 cm. Bunganya yang berwarna hijau terletak agak tersembunyi dengan ukuran 5 mm hingga 10 mm. Buah Alpukat memiliki ukuran yang bervariasi antara 7 cm hingga 20 cm dengan massa mencapai 1000 gram.
Dalam setiap 100 gram buah alpukat segar terkandung gizi seperti  kalori 85,00 kal, protein 0,90 g, lemak 6,50 g, karbohidrat 7,70 g, kalsium (ca) 10,00 mg, fosfor (p) 20,00 mg, zat besi (fe) 0,90 mg, vitamin a 180,00 s.i., vitamin b1 0,05 mg, vitamin c 13,00 mg, air 84,30 mg, dan serat 1,40 g. Maka jangan heran jika buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebagai berikut.

  1. Mencegah Stroke
    Kandungan folat yang cukup tinggi dari buah alpukat berfungsi sebagai pencegah penyakit stroke. Anda sebaiknya rajin mengkonsumsinya agar terhindar dari penyakit yang bisa mengakibatkan kelumpuhan ini.
     
  2. Menangkal Radikal Bebas
    Tahukan Anda bahwa radikal bebas merupakan salah satu pemicu kanker? Nah, dengan kandungan vitamin C, E serta flavonoid dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.
     
  3. Mencegah Kanker Prostat
    Senyawa yang terkandung di dalam buah alpukat berfungsi untuk menemukan sel kanker dan langsung menghancurkannya, tanpa merusak sel – sel kesehatan lain.
  4. Mencegah Serangan Jantung dan AnemiaBanyaknya kandungan zat besi dan senyawa tembaga sangat baik untuk reproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin juga mampu mencegah dan menyembuhkan anemia. Selain itu, zat yang terkandung akan menguatkan jantung. Perlu Anda ketahui bahwa 23% kebutuhan tubuh akan asam folat dapat dipenuhi dalam satu gelas alpukat.

Daun yang memiliki kandungan senyawa yang hampir sama dengan buah, juga mampu mengatasi beberapa penyakit berikut.

  1. Mengobati Batu GinjalSeduhlah 7 lembar daun alpukat dengan menggunakan 100 ml air panas. Minumlah setiap pagi dan sore, maka batu ginjal akan berangsur keluar.
  2. Mengobati Sakit Pinggang
    Rebuslah 5 helai daun alpukat ke dalam 2 gelas air panas. Setelah airnya tersisa satu gelas, Anda harus mendiamkannya selama satu malam. Pada keesokan harinya, minumlah ramuan tersebut selama 1 minggu berturut – turut maka sakit pinggang Anda pasti akan reda.

  3. Sakit Perut
    Siapkan bahan – bahan seperti 5 gram daun alpukat segar, 6 gram rimpang kulit segar, 5 gram akar temu kelinci, dan 6 gram daun pegagan. Masukkan semua bahan ke dalam 110 ml air mendidih. Tunggulah beberapa saat dan minumlah ketika mulai dingin. Dalam sehari Anda hanya perlu meminum ramuan ini satu kali.

  4. Kencing Batu
    Siapkan 4 lembar daun alpukat, 5 tangkai dan daun randu, 3 buah rimpang teki, setengah biji pinang, 3 jari gulai enau, 1 buah pela. Pastikan semua bahan tersebut dalam kondisi bersih. Rebuslah semua bahan dengan menggunakan 3 gelas air. Jika air telah tersisa 2 ¼ gelas, maka matikan api dan dinginkan. Dalam sehari Anda harus minum 3 kali dimana setiap kali minum cukup ¾ gelas.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge