Minggu, 05 Oktober 2014

Pengertian dan gejala penyakit gula basah diabetes



                Gula basah merupakan penyakit yang tidak asing lagi di Indonesia, padahal jika kita telisik lebih dalam, kosa kata ‘gula basah’ tidaklah masuk ke dalam dunia medis. Hanya masyarakat awam sajalah yang menyebutnya demikian, selebihnya dalam dunia kedokteran penyakit ini disebut diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Sebagian dari kita mungkin bertanya – tanya dalam hati, kenapa penyakit ini disebut kencing manis? Padahal sebagaimana kita ketahui, kencing merupakan cairan sisa yang tidak lagi dibutuhkan tubuh kemudian dikeluarkan melalui alat reproduksi. Usut punya usut, ternyata urin yang dikelurkan oleh penderita Diabetes mengandung gula yang begitu tinggi, sehingga munculah istilah kencing manis. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Begini sobat, Pankreas yang merupakan penghasil hormon insulin tidak bekerja dengan baik. Padahal insulin bertugas sebagai penyerap gula. Akibatnya, tubuh tidak mampu memanfaatkan kadar gula sebagai energi tambahan. 


penyakit-gulabasah-diabetes

                Pertanyaannya, kenapa pankreas tidak bisa berfungsi? Jawabannya tergantung pada apa yang Anda makan. Ya, gula pasir merupakan faktor penyebab tidak berfungsinya pankreas. Hal dikarenakan dalam proses pembuatannya, gula pasir menggunakan urea yang berfungsi untuk mengkristalkan gula. Padahal sifat dari urea ini mengeraskan pankreas, sehingga fungsinya sebagai pemroduksi hormon insulin akan hilang. Pada orang normal, kadar gula darahnya berkisar 150 mg/dl. Namun, untuk penderita diabetes kronis kadar gulanya bisa meningkat 500 mg/dl.
                Penyakit ini dibedakan menjadi 2 jenis, yakni diabetes kering dan diabetes basah. Secara garis besar, tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua jenis penyakit ini. Dilihat dari kadar gula darahnya, diabetes basah jauh lebih tinggi daripada diabetes kering. Diabetes basah ini biasanya menyerang orang – orang yang telah lanjut usia. Dan berikut ini merupakan tanda – tanda yang bisa terjadi pada diabetes basah ataupun kering:

  1. Banyak semut yang mengerumuni air kencing 
  2. Dehidrasi 
  3. Senantiasa merasa lapar 
  4. Mulut kering 
  5. Sering buang air kecil 
  6. Penglihatan kedua mata mulai kabur 
  7. Tekanan darah tinggi 
  8. Gatal – gatal 
  9. Sensitif 
  10. Bau mulut 
  11. Otot terasa pegal 
  12. Sakit kepala 
  13. Mengalami penurunan berat badan diakibatkan oleh proses pembakaran lemah yang berlebih

Hal yang tidak mungkin terjadi pada Diabetes kering adalah infeksi luka. Pada Diabetes basah, infeksi terjadi karena bakteri Bacillus fusiformis atau Clostridium perfringens membuat luka sangat sulit untuk disembuhkan. Infeksi ini biasanya akan terjadi di daerah lembab seperti paru – paru,mulut, serviks, dan usus. Kebanyakan infeksi ini terjadi di kaki, dan jika kondisinya sangat buruk, bukan tidak mungkin akan dilakukan amputasi (pemotongan). Agar hal tersebut tidak terjadi pada keluarga Anda, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Hindari Gula

    Sebenarnya gula bukanlah hal yang dilarang untuk dikonsumsi, bahkan tubuh juga membutuhkan gula (glukosa) sebagai energi cadangan. Yang tidak diperbolehkan adalah mengkonsumsinya dalam jumlah yang fantastis. Akan lebih aman jika Anda menggantinya dengan gula alami seperti, gula jawa dan madu.

     
  2. Konsumsilah obat herbal

    Hampir semua makanan yang bisa menyembuhkan diabetes bersifat pahit, contohnya pare, sambiloto, dan jintan hitam.

     
  3. Membuang darah kotor

    Cara terbaik untuk membuang darah kotor adalah dengan melakukan terapi bekam. Dengan membuang darah kotor, maka racun yang terdapat dalam darah juga akan terbuang. Apalagi, bekam dikenal sebagai terapi yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baik, sekian dulu pembahasan kita tentang penyakit diabetes. Nantikan artikel selanjutnya ya guys...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge