Senin, 13 Oktober 2014

Tips menjaga kesehatan Hati

Etik Iskundarti



Vitalnya fungsi hati mengharuskan Anda untuk senantiasa merawatnya. Mengatur metabolisme, menyaring racun yang masuk ke tubuh, hingga membentuk antibodi merupakan sebagian dari fungsi hati. Pola hidup yang tidak sehat selalu menjadi momok bagi kesehatan organ tubuh, khususnya menjaga kesehatan hati. Merokok, minum alkohol, makan junkfood, dan kurang berolahraga akan menurunkan kesehatan hati dan fungsi hati. Sebaiknya lakukanlah beberapa tips berikut agar Anda bisa menjaga kesehatan dan memaksimalkan fungsi hati, dan mencegahnya dari ancaman berbagai macam virus.
menjaga kesehatan hati

  1. Hindari Obat – obatan
Apabila salah seorang dari keluarga terserang penyakit, maka usaha pertama yang dilakukan adalah membawanya ke rumah sakit. Obat kimia pun takkan terhindarkan. Padahal akumulasi bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan hati mengeras dan membuatnya rusak secara permanen. Oleh karenanya, gunakanlah tanaman tradisional untuk mengatasi penyakit kategori ringan seperti batuk, flu, dan masuk angin.

  1. Jauhi lemak dan kalori tinggi
Makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi akan memberikan dapat negatif untuk hati dan memaksanya untuk bekerja lebih ekstra. Jika Anda tidak mampu mengontrol kebiasaan ini, maka akan terjadi penebalan di kantong empedu. Ini merupakan proses terbentuknya batu di dalam empedu. Jika Anda tidak segera mengatasinya, maka bersiaplah untuk merasakan sakit yang luar biasa.

  1. Makanan untuk Hati
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis makanan yang baik untuk hati. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang patut Anda coba guna menjaga fungsi hati.
a.       Anggur
Dengan kandungan Vitamin C dan antioksidan maka kerja hati akan lebih terjaga, serta meningkatkan kualitas dalam mengatasi racun dan lemak.
b.      Bawang Putih
Kandungan allicin dan selenium yang cukup tinggi dalam bawang membuatnya mampu mengoptimalkan kerja hati dalam membuang zat – zat yang tidak baik bagi tubuh.
c.       Kubis
Kemampuan kubis dalam mendetoksifikasi organ hati akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar.
d.      Apel
Apel dikenal sebagai buah dengan kadar pektin yang cukup tinggi. Sifat pektin yang mampu membersihkan hati dengan baik, akan memperlancar fungsi hati dalam melakukan tugas – tugasnya.

periksa kesehatan hati
  1. Periksalah secara berkala

Pemeriksaan kondisi hati secara berkala akan memberikan manfaat tersendiri untuk Anda. Karena Anda dapat mengetahui sejauh mana kesehatan organ ini. Terlebih, beberapa penyakit seperti Hepatitis A dan B sudah memiliki vaksin sehingga Anda bisa melakukan pencegahan.

1 komentar:

  1. tips yang sangat bagus & bermanfaat sekali buat kami min,
    terima kasih sudah berbagi dengan kami, salam kenal dan makin sukses,

    my site : Jelly Gamat Solo

    BalasHapus

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge