Jumat, 17 Oktober 2014

Tips menjaga Kesehatan Mata

Etik Iskundarti



                Kesehatan Mata merupakan salah satu bagian penting manusia dalam beraktivitas. Pernah Anda berfikir sejenak betapa pentingnya organ ini? Mampukah kita melakukan semua rutinitas tanpa bantuan mata? Selama ini, mata selalu mendapat perhatian yang kurang, terutama bagi mereka yang ‘gila’ kerja. Mereka selalu memaksa mata untuk bekerja, tanpa berfikir akan dampak yang ditimbulkan setelahnya. Karenanya, mulailah untuk menjaga kesehatan mata Anda demi kebaikan yang akan datang. Berikut ini adalah saran – saran yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan mata.

menjaga kesehatan mata

a.       Jangan membaca buku sambil tidur

Umumnya, aktivitas ini sering dilakukan oleh para pelajar ataupun mahasiswa. Padahal membaca  buku dengan posisi seperti ini bisa menimbulkan gangguan penglihatan seperti rabun dekat. Yang perlu Anda lakukan adalah membaca dengan posisi duduk. Perhatikan pula jarak pandangnya dimana membaca yang baik membutuhkan jarak minimal  30 cm.

b.      Telur

Kandungan nutrisi dan vitamin A yang terdapat di dalamnya memberikan suplemen positif untuk mata. Mengkonsumsinya secara rutin akan membuat lensa mata menjadi jernih.

c.       Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang terkenal akan kandungan pro vitamin A karotenoid yang sangat tinggi dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, mata kering juga dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara rutin. Tidak hanya itu, kornea mata juga akan terlindungi sehingga kualitas penglihatan akan terjaga.

d.      Layar Monitor

‘Sahabat’ para pekerja kantoran ini haruslah Anda waspadai. Ketika seseorang telah berhadapan dengan layar monitor, mereka seakan lupa dengan pekerjaan lain. Hal ini tentu memperberat kerja mata yang terus – menerus menatap layar. Apalagi jika Anda menggunakan pencahayaan layar dengan begitu terang, akibatnya mata beresiko mengalami kerusakan. Sebaiknya, gunakanlah pencahayaan dalam kategori sedang.

e.      Berkedip

Sering – seringlah untuk berkedip. Ini merupakan salah satu aktifitas ‘otomatis’ manusia. Anda akan mempraktikkan jika menyadari akan pentingnya berkedip. Selain berfungsi untuk membersihkan mata, berkedip juga berguna untuk menstimulasi mata yang mulai mengering karena terlalu lama menatap objek tertentu, terutama layar monitor.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge