Sabtu, 11 Oktober 2014

Tips menjaga kesehatan Rambut

Etik Iskundarti



                Rambut merupakan mahkota. Begitulah ungkapan tempo dulu yang masih berlaku hingga hari ini. Tidak hanya wanita, laki – laki pun menganggap rambut sebagai salah satu elemen penting dalam menunjang penampilan. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki rambut yang tidak sehat. Jika rambut tidak subur, mudah rontok, dan pertumbuhannya melambat, itu merupakan  isyarat diperlukannya perawatan mejaga kesehatan rambut yang lebih intensif. Lakukanlah beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan rambut yang indah dan sehat.

menjaga kesehatan rambut

1.       Jauhi Hair Dryer

Alat yang satu ini memang mampu membuat rambut menjadi lurus dan rapi dalam sekejap. Namun, dampaknya bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan mudah patah.

2.       Hindari Pengecatan

Warna rambut yang berubah – ubah sesuai dengan trend yang berlaku akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tetapi pewarnaan ini juga akan membuat rambut menjadi tidak sehat karena zat kimia yang ada di dalamnya.

3.       Gunakan penghitam herbal

Kebanyakan orang menggunakan cat sebagai penghitam rambut karena prosesnya yang praktis dengan hasil yang lebih efektif. Akan tetapi seperti yang penulis jelaskan di atas, cat rambut akan memberikan dampak yang tidak baik bagi rambut. Sebaiknya, gunakan tanaman berikut untuk menjaga kesehatan rambut agar rambut menjadi hitam tanpa efek samping.
a.       Kemiri

kemiri


Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu, kemiri juga mampu untuk menghitamkan rambut. Siapkan beberapa kemiri yang telah ditumbuk halus. Kemudian sangrailah (goreng tanpa minyak) hingga mengeluarkan minyak. Gunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada rambut Anda. Setelah didiamkan selama 20 menit, bersihkan menggunakan air hangat.

b.      Daun Pandan
Selain fungsinya sebagai pengharum dan pewarna makanan, daun pandan juga dikenal ampuh dalam menghitamkan rambut. Ambilah 7 lembar daun pandan dan potonglah kecil – kecil. Rebuslah dengan 1 liter air mendidih hingga warnanya berubah menjadi kehijau – hijauan. Diamkan dalam udara yang terbuka selama satu malam. Esok paginya, campurkan dengan perasan buah mengkudu masak  dan gunakan untuk mencuci rambut setiap pagi selama 3 minggu.

c.       Jeruk Purut
Siapkan 1 buah jeruk purut masak dan cucilah hingga bersih. Setelah diparut, tambahkan 1 sendok air bersih kemudian saringlah. Gunakan air perasan tersebut untuk menggosok rambut setelah keramas.

4.       Jangan menggunakan Wig

Penggunaan wig akan membuat kulit kepala tidak bisa bernafas. Akibatnya, rambut akan mengalami kerusakan karena sirkulasi udara yang kurang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge