Rabu, 05 November 2014

Manfaat daun dan buah mengkudu untuk kesehatan

Etik Iskundarti



Manfaat daun dan buah mengkudu untuk kesehatan - Mengkudu merupakan tanaman penuh manfaat untuk kesehatan yang penyebarannya hampir ke seluruh tanah air. Maka nama untuk tiap daerah pun berbeda – beda. Ada yang menyebutnya keumeudee (Aceh), pace (Jawa), keumeudee (Madura), cangkudu (Sunda), dan tibah (Bali). Tanaman yang masuk famili Rubiaceae ini berasal dari Asia Tenggara. Ia terbiasa tumbuh pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Ketika masih muda, buahnya berwarna hijau mengkilap disertai bercak – bercak pada kulitnya, sedangkan ketika sudah tua warnanya berubah menjadi putih kehijauan dengan bintik – bintik hitam.
daun-mengkudu

                Mengkudu bisa tumbuh hingga ketinggian 6 meter. Batangnya bengkok, kasar, memiliki dahan yang kaku, dan berakar tunggang. Tajuknya selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Kulit batangnya ada yang berwarna coklat kekuningan, ada pula yang berwarna coklat keabu – abuan. Mengkudu memiliki daun tebal yang mengkilap dan terletak saling berhadapan. Urat daunnya menyirip dengan warna hijau mengkilap dan tidak berbulu. Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun dipercaya akan menyembuhkan ambeien. Gunakan daunnya sebagai sayur maka Anda akan memperoleh khasiatnya.
                Buah mengkudu masuk ke dalam kategori majemuk. Ia berdiameter antara 7 – 10 cm dan memiliki permukaan yang tidak rata. Dagingnya lunak dan dan tersusun atas buah – buah batu yang berbentuk piramida. Ia juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, disertai aroma keju busuk dan bau kambing. Hal tersebut timbul karena bercampurnya senyawa kimia semacam asam kaproat, asam kaprat, asam lemak, dan asam kaprilat. Inilah penyebab dijauhinya buah mengkudu meski ia memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya meliputi vitamin, protein, magnesium dan mineral penting. Terdapat pula selenium yang dipercaya mampu menjadi antioksidan yang hebat. Maka jangan heran kalau buah ini bisa mengatasi alergi, anti bakteri, mampu memulihkan sel, dan sebagai zat anti kanker. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini merupakan ulasan terkait khasiat buah dan daun mengkudu yang bermanfaat untuk kesehatan.
manfaat-mengkudu-untuk-kesehatan

  1. Hipertensi
    Bagi Anda penderita hipertensi, terapi menggunakan mengkudu sangat cocok untuk menurunkan tensi darah. Siapkan 2 buah mengkudu yang telah masak dan peraslah hingga keluar airnya. Tambahkan madu pada air perasan tersebut dan Anda bisa langsung meminumnya.
     
  2. Menyembuhkan Batuk
    Siapkan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air dan sisakan 1 gelas air. Saring ramuan tersebut dan minumlah 2 kali sehari.
  3. Demam dan Masuk Angin
    Ambilah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Rebuslah kedua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air mendidih. Ketika airnya telah tersisa menjadi 1 gelas, biarkan hingga dingin kemudian saringlah. Minumlah setiap pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

     
  4. Mengobati Jerawat Batu
    Jerawat batu berbeda dengan jerawat pada umumnya, karena ia memiliki ukuran yang lebih besar. Untuk membuat ramuannya, siapkan beberapa helai daun mengkudu, garam, dan minyak zaitun. Campurkan semua bahan dan tumbuklah hingga halus. Selanjutnya, pencetlah jerawat Anda hingga semua nanahnya keluar. Kemudian oleskan ramuan tadi pada area yang terkena jerawat.
     
  5. Melangsingkan Tubuh
    Ambilah segenggam penuh daun mengkudu dan daun kemuning jawa, temu giring ½ jari kelingking, serta ½ butir jeruk nipis. Haluskan semua bahan kemudian campurkan dengan 200 cc air panas. Gunakan kain yang bersih untuk menyaringnya dan ramuan ini siap untuk diminum.

 berikun artikel tentang beragam manfaat dari daun mengkudu untuk kesehatan, semuga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge