Senin, 03 November 2014

Manfaat Daun Jarak dan Biji Jarak Untuk Kesehatan

Etik Iskundarti



Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan - Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan kelengkapan berupa jutaan keanekaragaman hayati. Dengan lahan kosong yang begitu luas, salah satu tanaman non – pangan yang banyak didengungkan untuk dibudidayakan adalah Jarak. Hal ini dikarenakan keunggulan jarak yang bisa digunakan sebagai bahan untuk biodiesel, bahan bakar, dan biokerosin. Seperti yang kita ketahui, Indonesia saat ini masih belum bisa melepaskan ketergantungan terhadap BBM fosil. Penggunaan dana APBN sebagai subsidi BBM jelas bukanlah sebuah solusi untuk generasi selanjutnya. Maka, langkah ini diharapkan mampu memberikan perubahan terhadap kondisi bangsa ini.

manfaat daun jarak


Jarak (Ricinus communis) merupakan jenis tumbuhan yang banyak hidup di hutan, pantai, dan tanah kosong. Bagi mereka yang sadar akan potensi jarak tentu akan mengembangbiakkan tanaman ini di perkebunan. Tumbuhan liar setahun (annual) ini termasuk dalam jenis tanaman perdu, dimana daunnya berbentuk tunggal menjari dengan panjang 7 cm – 9 cm, dan berdiameter 10 cm – 40 cm. Ia merupakan famili dari euphorbiaceae dan genus jatropha. Setiap daerah memiliki nama yang berbeda untuk menyebut tanaman ini. Masyarakat Jawa Barat telah terbiasa menyebutnya Kaliki. Sementara di Sumatera mereka menamainya Dulang, ada juga yang menyebut Gloah. Lain lagi dengan masyarakat Madura yang memanggilnya Kalek.
Selain bisa diolah menjadi BBM, daun jarak ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Tidak heran karena setiap bagian dari daun jarak memiliki senyawa yang berbeda. Pada getahnya Anda akan menemukan kandungan saponin dan flavonoid yang bersifat antijamur. Biji tanaman jarak pun memiliki kandungan glukanase dan toksalbumin yang memiliki khasiat sebagai antifungi dan antikanker. Sementara pada daun jarak terdapat senyawa sitosterol, kaemfesterol, amirin, stigmasterol, dan teraksrol. Berikut beberapa  manfaat yang bisa kita peroleh dari jarak.
1.       Radang Telinga
Gejala ini biasanya ditandai karena influensa yang mendadak disertai suhu badan naik, sedikit berdengung atau tuli, dan sakit di dalam telinga. Untuk mengatasi hal tersebut, siapkan satu sendok getah jarak dan teteskan ke telinga sebanyak 4 – 6 tetes. Dalam sehari Anda bisa melakukannya hingga 6 kali untuk mempercepat kesembuhan.


  1. Koreng
    Ambilah 20 biji jarak yang telah dikupas kulitnya, lumatkan hingga menjadi halus, kemudian tambahkan sedikit garam. Tempelkan ramuan ini pada daerah yang sakit 2 kali sehari.

     
  2. Hernia
    Ternyata daun jarak juga bisa mengatasi keluhan semacam hernia. Untuk membuat ramuannya, siapkan beberapa lembar daun jarak dan sedikit garam. Haluskan kedua bahan ini kemudian tempelkan pada titik tengah telapak kaki.
  3. Masuk angin pada bayi
    Siapkan 2 – 3 helai daun jarak yang telah diolesi minyak kelapa. Panaskan daun tersebut di atas kompor sekitar 1 sampai 2 menit. Jika dirasa panasnya sudah merata, tempelkan pada perut dan punggung bayi. Pastikan bahwa daun yang menempel pada bayi tidak terjatuh.
  4. Susah BAB
    Ketika tubuh kekurangan serat, dapat dipastikan bahwa pencernaan akan terganggu. Jika Anda mengalami masalah dalam mengeluarkan BAB, petiklah 4 helai daun jarak segar yang memiliki fungsi sebagai pencahar ringan. Kemudian kukuslah hingga layu dan konsumsilah setiap hari selama satu minggu hingga sembelit Anda sembuh. Jika Anda merasa aneh dengan rasanya, gunakan daun kukusan tersebut sebagai lalapan saat makan.
  5. Memperbesar Alat Vital
    Telah banyak kaum laki – laki yang mempercayai khasiat daun jarak dalam memperbesar penis. Siapkan 10 helai daun jarak beserta gagangnya dan 10 helai daun jeruk purut beserta buahnya. Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus. Kemudian tambahkan air biasa 50 ml dan perasan 1 buah jeruk purut. Saringlah ramuan tersebut dan gunakan untuk mengurut alat vital Anda. Biarkan mengering hingga 15 sampai 20 menit kemudian bilaslah menggunakan air bersih.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Follow by Email

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge