Selasa, 04 November 2014

Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Etik Iskundarti



Manfaat daun pandan untuk kesehatan - Pandanus Amarylifolius Raxb, atau yang sering dikenal dengan nama Pandan merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dikenal karena kemampuannya dalam memberikan aroma khas pada kue dan masakan dan ternyata daun pandan bisa di manfaatkan untuk kesehatan. tanaman pandan ini Tingginya berkisar antara 1 sampai 2 meter dan merupakan tanaman yang berjenis perdu. Batangnya bulat, menjalar, bercabang. Akarnya berbentuk tunjang dan keluar pada pangkal batang. Daun berbentuk tunggal, tumbuh dari pangkal batang, memiliki panjang 40 – 80 cm, berbentuk pita, licin, tipis, tepi rata, ujung runcing, dan bertulang sejajar. Memiliki bunga majemuk yang berbentuk bongkol dan berwarna putih.
manfaat-daun-pandanJika Anda ingin memperbanyak budidaya pandan, maka cobalah beberapa teknik seperti stek batang, menggunakan anakan, dan melakukan pemisahan terhadap tunas – tunas muda yang tumbuh di sekitar akar – akarnya. Jagalah kondisi tanahnya, karena tanaman ini cenderung menyukai tanah yang lembab, suplai air yang cukup, dan jangan lupa pupuklah secara teratur.
Selain berfungsi sebagai bahan rempah, pandan juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan minyak wangi. Dengan mengiris – iris atau meremasnya Anda bisa memperoleh aroma khas pandan, ia juga sering digunakan sebagai pewangi, penyedap, serta pemberi warna hijau pada makanan. Wanita jaman dulu juga sering meletakkan irisan daun pandan pada sanggul mereka agar rambut menjadi harum. Bahkan, tidak sedikit yang menggunakan daun ini dalam ritual mereka seperti campuran bunga tujuh rupa.
Daun pandan memiliki senyawa kimia seperti Saponin, Alkaloida, Tanin, Flavonoida, Zat warna alami, dan Polifenol. Selain berfungsi sebagai hiasan dan pengharum ruangan, daun pandan juga berkhasiat sebagai obat kuat, lemah syaraf, penambah nafsu makan, penenang, pencegah rambut rontok, menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut, meredakan rematik dan menyembuhkan pegal linu. Berdasarkan fakta empiris, daun pandan memiliki manfaat sedatif – hipnotik. Sedatif diartikan sebagai keadaan kesiapsiagaan terhadap sebuah stimulus, dan menurunkan aktivitas secara spontan sehingga terjadi penurunan ide. Sementara Kamus Kedokteran Dorland menjelaskan bahwa hipnotik adalah bahan yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Berikut ini merupakan ulasan seputar manfaat daun pandan untuk kesehatan agar Anda bisa mempraktikkannya di rumah.


manfaat-daun-pandan-untuk-rambut
  1. Penghilang Ketombe
    Haluskan 7 lembar daun pandan dan tambahkan ½ cangkir air. Gunakan ramuan ini sebagai sampo tambahan ketika Anda keramas.


     
  2. Sebagai Penenang
    Siapkan 2 lembar daun pandan yang telah di iris tipis- tipis. Seduhlah dengan air secukupnya. Jika dirasa sudah cukup, saringlah dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat. Minumlah 2 – 3 gelas maka pikiran Anda yang semula stres  berangsur akan menjadi tenang.

     
  3. Mengatasi Rambut Rontok
    Siapkan bahan – bahan seperti 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru segar, 5 lembar daun mangkokan, segenggam daun urang aring, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Masukkan semua bahan ke dalam panci email, dan tambahkan minyak kelapa, minyak wijen, minyak kemiri masing – masing ½ cangkir. Rebuslah semua bahan hingga airnya mendidih, lalu angkat dan saring menggunakan kain yang bersih. Gunakan ramuan tersebut untuk memijat kepala Anda pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya bilaslah kepala Anda ketika sedang mandi.
     
  4. Rematik
    Ambilah 3 lembar daun pandan yang telah dicuci bersih, lalu irislah kecil – kecil. Kemudian seduhlah dengan menggunakan setengah cangkir minyak kelapa. Panaskan hingga beberapa menit dan jangan lupa untuk mengaduknya. Jika dirasa sudah cukup, dinginkan ramuan tersebut kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge