Jumat, 07 November 2014

Manfaat Daun Singkong untuk kesehatan

Etik Iskundarti

Manfaat Daun Singkong untuk kesehatan - Singkong (Manihot Esculenta) pertama kali dikenal oleh masyarakat Amerika Selatan, kemudian dikembangkan pada zaman pra sejarah Brazil dan Paraguay. Pada tahun 2002, produksi singkong mencapai angka 180 juta ton dimana Afrika, Amerika Latin dan Kepulauan Karibia merupakan tiga wilayah dengan produksi terbesar. 

manfaat-daun-singkong

Tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke 16, dimana saat itu bangsa Portugis lah yang memperkenalkannya. Baru pada tahun 1810, ketika Indonesia masih berada di bawah jajahan Belanda singkong mulai dibudidayakan secara komersil. Pertumbuhannya sangat cocok untuk negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Bahkan, sangat mudah apabila Anda ingin mengembangbiakkannya di rumah. Cukup potong batang pohon singkong dan tancapkan ke tanah maka ia akan tumbuh dengan sendirinya. Yang harus Anda garis bawahi adalah perhatikan arah tunasnya. Jika Anda terbalik dalam menancapkannya ke tanah maka tanaman ini sulit tumbuh bahkan  bisa mati. Ia dikenal sebagai ‘tanaman rakyat’ karena nilai jualnya yang bisa dibilang rendah, serta dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah pedesaan.
Meskipun identik dengan rakyat kecil, namun singkong kaya akan manfaat yang dapat dikonsumsi oleh semua orang dan bermanfaat juga untuk kesehatan. Umbi singkong biasa digunakan sebagai pengganti nasi ataupun jagung karena ia juga tinggi akan asupan karbohidrat. Selain itu, terdapat pula kandungan protein yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi. Daun singkong justru lebih multifungsi untuk kesehatan, ia memiliki kandungan berupa Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B17, Kalsium, Fosfor, Kalori, Lemak, Protein, Hidrat arang, dan Zat besi. Maka tidak heran jika hampir semua bagian dari singkong bisa dimanfaatkan bagi dunia kesehatan. Mari kita simak ulasannya secara lebih mendalam terkait manfaat untuk kesehatan dari tanaman ini.
  1. Mengobati Diare
    Siapkan segenggam daun singkong yang masih segar. Rebuslah ke dalam 900 cc air mendidih. Tunggu hingga volume air berkurang menjadi 450 cc. Kemudian saring dan ambilah airnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, yakni pada pagi dan sore hari.
  2. Mengobati Sakit Kepala
    Ambilah beberapa lembar daun singkong yang telah dicuci bersih. Tumbuklah daun tersebut hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian kepala yang sakit. Lakukan cara ini hingga sakit pada kepala berangsur hilang.

     
  3. Rematik
    Sediakan semua bahan meliputi 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya. Campurkan semua bahan menjadi satu kemudian haluskan. Tambahkan sedikit air dan ramuan ini bisa Anda tempelkan pada bagian yang sakit.

     
  4. Cacingan
    Ambilah kulit batang singkong secukupnya. Rebuslah menggunakan 3 gelas air mendidih. Diamkan hingga tersisa 1 gelas kemudian saring menggunakan kain bersih. Minum ramuan ini saat Anda hendak tidur. Selama masa istirahat senyawa di dalam kulit singkong akan membunuh cacing yang ada di dalam perut.

     
  5. Kulit melepuh
    Singkong juga mampu mengobati bagian tubuh yang terluka akibat benda panas seperti api, setrika, minyak goreng, dll. Untuk membuat obatnya, parutlah beberapa umbi singkong, dan peraslah hingga mengeluarkan air. Diamkan air tersebut hingga pati yang ada di dalamnya mulai mengendap. Gunakan endapan pati tersebut sebagai obat pada luka akibat benda panas.

     
  6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Siapkan 50 gram daun singkong yang telah dicuci bersih. Rebuslah pada 400 cc air mendidih. Jika air tersebut telah berkurang menjadi 200 cc, blenderlah ramuan tersebut hingga halus. Anda bisa menambahkan jeruk nipis dan madu untuk menambah cita rasanya. Anda cukup meminumnya 3 gelas tiap minggu untuk menjaga kondisi fisik Anda senantiasa bugar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow by Email

Mau Belajar Seo Dari Dasar Biar Joss

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana

Google+ Badge